Enkapsulasi

Mukaddimah.
Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan sedikit tentang penggunaan Wireshark. Postingan kali ini akan kembali mengulas tentang Enkapsulasi. (ulang sekali lagi ga apa apa lah!). dan bagi yang belum mengerti Enkapsulasi bisa lihat dulu disini.
Wireshark adalah software yang dapat melihat pertransferan data yang terjadi dalam jaringan komputer.
Kalau mau download, klik di sini.
Sudahlah, intinya pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Enkapsulasi dan menunjukkannya lewat wireshark. juga pembuktian Halfduplex-nya sistem komunikasi jaringan Komputer.

Materi

Enkapsulasi adalah suatu proses untuk menyembunyikan atau memproteksi suatu proses dari kemungkinan interferensi atau penyalahgunaan dari luar sistem sekaligus menyederhanakan penggunaan sistem itu sendiri, juga membuat satu jenis paket data jaringan menjadi jenis data lainnya. Enkapsulasi terjadi ketika sebuah protokol yang berada pada lapisan yang lebih rendah menerima data dari protokol yang berada pada layer yang lebih tinggi dan meletakkan data ke format data yang dipahami oleh protokol tersebut. Akses ke internal sistem diatur sedemikian rupa melalui seperangkat interface. 
 Dengan enkapsulasi data menjadi memiliki identitas. Contoh sederhana proses enkapsulasi dalam proses pengiriman surat, jika sebuah surat akan dikirim namun tanpa adanya amplop, alamat dan perangko. Surat tersebut hendaknya memiliki identitas agar dapat sampai ke tujuan, jika tidak memiliki identitas maka surat tersebut tidak akan dapat sampai ke tujuan. Amplop dengan alamat dan perangko sama dengan enkapsulasi pada data.


Langkah Kerja
Kalian harus install terlebih dahulu wiresharknya. cara penginstallannya mudah, seperti biasa software pada umumnya.
Pertama Aktifkan Wireshark nya.

Kalo sudah aktif, klik menu capture => Option.


di Jendela baru itu, atur perangkat jaringan yang terkoneksi.
Dimulai dari sini kita sudah dapat melihat bahwa komunikasi jaringan komputer berbasis Half-Duplex. Coba perhatikan gambar, Dalam Gambar, dapat dilihat bahwa ada source(sumber) dan ada tujuan (destination). dalam gambar ada 2 IP address yang dilingkari, yaitu
66.220.145.40 dan 192.168.1.8.

Pada gambar terlihat bahwa 192.168.1.8 meminta atau mengirimkan data kepada 66.220.145.40. Dan setelah itu 66.220.145.40 mengirim balik kepadanya.
Pada gambar itu terlihat jelas bahwa komunikasi Half Duplex sedang terjadi.. Dimana 192.168.1.8 meminta resource data kepada 66.220.145.40, lalu 66.220.145.40 mengirim balik data yang diminta. Dant itu terjadi secara bergantian jadi jelas sekali bahwa Komunikasi Jaringan Komputer adalah HALF DUPLEX.




Berikutnya saya akan menjelaskan Enkapsulasi lewat wireshark.


Pada Aplication Layer, data belum mengalami perubahan bentuk data.baru pada Presentation layer, data akan di enskripsikan agar bisa ditransmisikan.Pada layer Session, baru data akan diizinkan untuk ditransmisi, juga diatur kapan akan ditransmisikan. Dalam Layer ini data masih berbentuk datagram dan tidak ada pemberian header disini.






















Pada layer transport,  data mulai mengalami pemberian header dan diubah menjadi segment-segment. Header ini berisi Source port dan Destination Port. Pada gambar dibawah
Source port: http (80)
Destination Port : tributary (2580)

Pada Layer selanjutnya, (Network).  data selanjutnya disebut Packets. Diberikan header-header tambahan. berikut penambahannya. Yang ditambahkan yaitu, versi IP, IP penerima dan tujuan. Pada Gambar terlihat bahwa:
Versi IP : 4
TTL: 60
Source IP: 66.220.146.32
Destination IP :192.168.1.8

























Lalu di layer selanjutnya, Datalink layer, data kemudian disebut Frame. Frame diberi header lagi. Yaitu alamat MAC address. (alamat hardware).








Pada akhir proses, frame masuk ke Physical layer kemudian di ubah menjadi bit-bit yang kemudian ditransmisikan ke media trasmisi yang digunakan, entah itu kabel atau yang lainnya. 
Dalam Layer ini Header yang berisi data2 statistik waktu dan isi dari frame yang diubah menjadi bitstream ini.
Dalam gambar terlihat:
Jeda dari frame sebelumnya: 0.000996 detik
Jeda dari frame pertama : 4.223483 detik
Nomor Frame : 10
Protokol pada Frame : ip ; tcp ; http ; png
tcp port  : 60
















Selesailah proses enkapsulasi, selanjutnya data yang dikirim akan mengalami dekapsulasi pada unit penerima, prosesnya adalah sama, namun kebalikannya yaitu dari physical layer, bit diubah menjadi frame dan seterusnya.

Kesimpulan
  1. Proses Enkapsulasim mengubah data menjadi bentuk-bentuk yang dimengerti oleh data dibawahnya. Supaya dapat di trasmisikan.
  2. Wireshark dapat menjelaskan berbagai proses pertransferan data, termasuk password, VOIP, dan chat yang di ketikkan. (hehehe... hebat juga ya nih software.)

Sekian Postingan Laporan pertama saya. Terima kasih..!!!

0 Comments:

Post a Comment




 

Terimakasih telah mengunjungi situs ini. Biasakan tinggalkan jejak setelah membuka web, dengan meninggalkan komentar atau menlakukan Vote pada artikel.

Original Blogger Template | Modified by Animart