Praktikum Wireshark

Enkapsulasi
Kali ini saya akan menjelaskan Enkapsulasi dan dekapsulasi menggunakan Wireshark.

Pada gambar, terlihat bahwa 192.168.1.12 mengirim sesuatu (data) kepada 64.145.89.41. Pada komunikasi jaringan komputer, ada yang disebut dengan Enkapsulasi, yaitu pemaketan data dan pemberian Header, alamat dan tujuan. Lihat pada gambar, dilingkari garis merah. 192.168.1.12 memberikan alamat tujuan dan pengirim pada proses Enkapsulasi data yang dilakukannya. terlihat di paling atas keterangan.


192.168.1.12 menandai dirinya sebagai source dan menandai 64.145.89.41 sebagai destination. Inilah yang disebut dengan Pemberian alamat dan tujuan pada komunikasi jaringan komputer.

Dengan wireshark, kita dapat  mengetahui semua proses pemaketan data, seperti pemberian alamat yang ditunjukkan diatas. Selain itu Wireshark akan membuka Header dan membacanya.

Pada gambar terlihat bahwa Wireshark membuka semua dan menunjukannya seperti panjang Header, Source Port, Destination Port, Protokol yang terlibat dan lain-lain yang terlibat dalam proses enkapsulasi.

0 Comments:

Post a Comment




 

Terimakasih telah mengunjungi situs ini. Biasakan tinggalkan jejak setelah membuka web, dengan meninggalkan komentar atau menlakukan Vote pada artikel.

Original Blogger Template | Modified by Animart